Minggu, 19 Desember 2010

Tips Atasi Ruam Susu dan Ruam Popok pada Bayi

Kulit bayi sehalus sutra, begitu kata iklan produk baby di TV. Tapi tahukah, Bunda, sebenarnya kulit bayi justru kulit yang masih sangat sensitif karena lapisannya masih jauh lebih tipis dibanding kulit dewasa. Karena sensitif, kulit bayi pun cenderung mudah terkena ruam. Ruam yang biasanya sering dijumpai pada bayi antara lain ruam susu dan ruam popok.

Ruam susu terjadi karena tumpahan susu, biasanya sekitar pipi atau mulut bayi. Biasanya terjadi pada bayi yang diberi susu formula. Tapi bisa juga terjadi pada bayi ASI, yang mana biasanya karena makanan yang dikonsumsi ibu. Sedangkan ruam popok terjadi karena lembab akibat tertutup popok dan terkena urine ataupun tinja.

Anak saya Farrell menurut dokter memiliki kulit yang cenderung lebih sensitif. Farrell agak mudah terkena ruam, terutama ruam susu dan biang keringat. Selain harus jaga asupan makanan (saya harus diet ayam, telur dan ikan selama 6 bulan! huhu... nggak papa deh, demi anak ^.^), saya juga diberi cara ampuh oleh dokter untuk mengatasi ruam di kulit Farrell. Apa itu, Bunda? Mandi pakai Sabun Lactacyd Liquid Baby.


Yup.. begini caranya :
- Basuh seluruh badan bayi dengan air hangat menggunakan waslap
- Tuangkan sabun Lactacyd sebanyak 1 sendok makan ke waslap, gosok hingga berbusa, lalu oleskan ke seluruh badan bayi, terutama pada bagian ruam (hati-hati jangan kena mata dan mulut) seperti menyabuni biasa
- Diamkan sejenak selama 2-3 menit, lalu bilas dengan air hangat dan handuki hingga kering

Dokter menganjurkan saya menggunakan sabun Lactacyd ini dibanding baby lotion, mengingat kulit Farrell yang cenderung lebih sensitif, juga dikarenakan sabun Lactacyd memiliki pH yang sama dengan kulit bayi, sehingga aman digunakan untuk kulit sensitif sekalipun. Untuk mendapatkannya juga nggak susah, tersedia di apotek dan baby shop. Harganya sekitar 20 ribuan untuk yang 60 ml, 80 ribuan untuk yang 230 ml. 

Oya, sabun ini juga bisa mengatasi Kerak Topi (Cradle Cap), caranya pakai saja seperti menggunakan shampoo biasa. Dapat melunakkan kerak dan menjadi mudah untuk kita bersihkan.

Dan alhamdulillah ruam di kulit Farrell teratasi :) duuh, senangnya.. Oia, sabunnya juga bisa dipakai setiap kali mandi kok, Bunda, nggak hanya pada waktu ruam saja. Kata dokter kulit bayi menjadi lebih terawat dan kuat. Tapi boleh kok, Bunda mengkonsultasikan ke dokter anak Bunda terlebih dahulu untuk memastikan apakah juga cocok apabila digunakan untuk bayi Bunda.

Semoga membantu ya, Bunda :)

1 komentar: